Kurikulum

KURIKULUM

1. Program Studi, Gelar, dan Bidang Ilmu yang Dikembangkan

Program Studi Psikologi UNS adalah Program Sarjana (S1) Psikologi dengan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi.).  Bidang ilmu yang dikembangkan meliputi : Psikologi Klinis, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Sosial dan Komunitas, Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Psikologi Umum, dan Psikologi Eksperimen.  Untuk mendapatkan gelar profesi psikolog, lulusan S1 psikologi masih  harus mengikuti kuliah lanjutan Program Profesi, yang diatur tersendiri di luar kurikulum yang telah ditetapkan untuk S1 Psikologi.

 

2. Beban Studi

Untuk dapat menyelesaikan pendidikan program sarjana psikologi (S.Psi.) sesuai dengan kompetensi yang diharapkan, setiap mahasiswa akan menempuh beban studi sekurang-kurangnya 150 SKS dengan waktu tempuh 4 tahun (8 semester) dengan rincian sebagai berikut:

 

Mata Kuliah Kurikulum Nasional       :   77 sks

Mata Kuliah Wajib Institusional         :   61 sks

Mata Kuliah Pilihan Bebas                   :   12 sks (minimal)

Jumlah                                                         150 sks

 

 

KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

 

Kompentensi Utama:

1.  Menguasai konsep dasar teori psikologi dan memformulasikan prosedur penyelesaian masalah di bidang psikologi

  1. Memahami pengertian psikologi,ruang lingkup dan  kaitannya dengan ilmu lain, sejarah psikologi serta faktor-faktor yang  mempengaruhi perilaku
  2. Memahami pengertian, perkembangan,dinamika dan    faktor-faktor   yang   mempengaruhi kepribadian serta  menguasai teori-teori  kepribadian
  3. Mampu menjelaskan sistem syaraf,sistem indera,dan peran hormon terhadap perilaku
  4. Memahami perkembangan fisikdan psikologis dan tahapannya mulai dari konsepsi sampai usia lanjut
  5. Memahami konsep-konsep dasar dan teori psikologi sosial dantopik bahasan yang berkembang dalam psikologi sosial dengan  menggunakan perspektif psikologi sosial

2.  Mampu melakukan riset tingkat dasar yang mempergunakan prinsip-prinsip psikologi untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah.

  1. Memahami proses penelitian ilmiah yang dimulai dari identifikasi permasalahan sampai dengan menganalisis hasil penelitian baik penelitian kuantitatif maupun kualitatif
  2. Memiliki ketrampilan menggunakan berbagai teknik statistika sebagai alat analisis data penelitian ilmiah.

3.  Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia.

  • Mampu Memahami dan Melaksanakan etika di bidang psikologi,keilmuan dan kemasyarakatan

4.  Mampu melakukan observasi, interview,dan tes psikologi terhadap fenomena perilaku manusia berdasarkan konsep dasar teori psikologi

  • Memahami prinsip dasar  psikodiagnostik, mampu menerapkan prinsip observasi dan wawancara,serta mampu mengadministrasikan, menskor dan menginterpretasikan tes psikologi tertentu

5.  Mampu  memanfaatkan prinsip-prinsip  psikologi untuk menyelesaikan masalah manusia

  1. Memahami kaidah-kaidah dan proses psikologi yang melandasi perilaku manusia dalam konteks industri & organisasi
  2. Memahami pengertian,ruang lingkup,dan teori-teori dalam psikologi pendidikan, faktor yang memperngaruhi proses belajar, serta metode evaluasi dalam psikologi pendidikan

6.  Mampu membuat keputusan berdasarkan hasil pengamatan terhadap fenomena perilaku manusia dengan mempergunakan prinsip- prinsip   psikologi.

  1. Memahami proses perkembangan dan penyebab perilaku abnormal,diagnosis,dan klasifikasinya
  2. Memahami prinsip-prinsip asesmen klinis, pendekatan intervensi klinis,dan isu-isu profesional dan etika dalam penelitian maupun praktek khususnya sebagai psikolog klinis

7.  Mampu menjalin hubungan profesional  dan interpersonal secara konstruktif dan bertanggung jawab untuk membantu menyelesaikan persoalan psikologis individu.

  • Memahami  prinsip-prinisip,  teknik-teknik  dan langkah-langkah konseling

8.  Mampu mempertanggungjawabkan hasi lobservasi,interview,dan tes psikologi serta riset tingkat dasar psikologi.

  • Memahami proses terjadinya fungsi-fungsi psikologis  sebagai   determinan  terjadinya perilaku melalui pendekatan psikologis dengan metode eksperimen dan metode inquiry lainnya

9.  Mampu mengumpulkan dan menganalisisdata untuk menginterpretasikan perilaku manusia sesuai kaidah psikologi.

  1. Memahami dasar-dasar pengukuran dalam bidang psikologi,teori skor-murni klasik,dan model penskalaan
  2. Mampu menyusun skala psikologi mulai dari penyusunan, pembuatan aitem,uji coba dan penyusunan norma

 

Kompentensi Pendukung:

  1. Mampu menjalankan dan berperan sebagai tenaga profesional dalam layanan konsultasi psikologi, yaitu melakukan organisasi, pengelolaan lembaga, biro, dan atau pusat-pusat layanan konsultasi psikologis.
  2. Mampu menjalankan dan berperan sebagai tenaga profesional dalam bidang perencanaan dan pengembangan SDM pada instansi pemerintah dan swasta, yaitu melakukan rekrutmen pegawai, meningkatkan motivasi untuk peningkatan kinerja, dan melakukan konseling penyelesaian sengketa dan konflik pegawai.
  3. Mampu menjalankan dan berperan  sebagai tenaga profesianal di bidang pendidikan dan pelatihan SDM, yaitu melakukan pelatihan pengembangan SDM, tumbuh kembang anak, dan mengajar di lembaga pendidikan mulai dari play group sampai perguruan tinggi.

 

Kompentensi Lain:

  1. Mampu menjalankan dan berperan sebagai tenaga profesional dalam mengembangkan keilmuan di bidang psikologi, yaitu menjadi peneliti/ asisten peneliti, dosen/ asisten dosen, dan laboran psikologi.
  2. Mampu menjalankan dan berperan sebagai pendukung bidang profesi lain, yaitu PR (Public Relation), wirausaha, kesehatan dan hukum (peradilan, pengacara, notariat).