Sejarah Prodi Psikologi

SEJARAH PRODI PSIKOLOGI

Pendirian Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret ditandai dengan keluarnya Surat Keputusan Dirjen DIKTI No. 3002/D/T/2004 yang mengesahkan penyelenggaraan pendidikan psikologi di UNS. Usaha keras para pendiri Prodi Psikologi UNS beserta segenap sivitas akademikanya untuk memperkuat sistem pendidikan kemudian membuahkan hasil yang positif dengan keluarnya perpanjangan Surat Ijin Penyelenggarakan Pendidikan No. 3231/D/T/2006 pada tahun 2006, yang kemudian diperpanjang lagi pada tahun 2010 dengan Surat Ijin Program Studi Psikologi No. 2227/D/T/K-N/2010.

Dari aspek kualitas pendidikan, pada tahun 2009 Prodi Psikologi UNS berhasil mendapatkan pengakuan dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan keluarnya hasil akreditasi B berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 027/BAN-PT/Ak-XII/S1/IX/2009. Berikut nama, alamat serta nomor kontak Prodi Psikologi FK UNS:

 

Nama               : Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas

Sebelas Maret Surakarta

Alamat             : Jalan Urip Sumoharjo 110 Mesen

Telepon           : (0271) 645252

Surel                : psikologi@fk.uns.ac.id

Web                 : psikologi.fk.uns.ac.id

 

Sebagai salah satu program studi di bawah Universitas Sebelas Maret dan Fakultas Kedokteran, Prodi Psikologi UNS mengemban amanat untuk merealisasikan visi universitas. Dalam hal ini, visi Universitas Sebelas Maret adalah untuk menjadi pusat pendidikan dan pengembangan keilmuan dalam rangka menghasilkan lulusan yang berkepribadian, cerdas, mandiri, dan berbudaya yang berwawasan kewirausahaan sehingga mampu bersaing di tingkat regional, nasional, dan internasional.

 

PIMPINAN PROGRAM STUDI

Rapat Pimpinan Fakultas dengan calon dosen Program Studi Psikologi Tanggal 03 September 2004 yang juga dihadiri Pembantu Rektor I UNS telah menetapkan bahwa periode pertama kepengurusan Program Studi Psikologi terdiri dari Pimpinan Program Studi dibantu Tim Pengembangan.  Adapun susunan Kepengurusan waktu itu adalah sebagai berikut:

 

Ketua Program Studi                  : Dra. Suci Murti Karini, M.Si.

Sekretaris Program Studi            : Drs. Hardjono, M.Si.

Ketua Laboratorium Psikologi    : Dra. Makmuroch, MS.

Ketua Unit Layanan Psikologi    : Dra. Salmah Lilik, M.Si

 

Seiring dengan habisnya masa kepengurusan Program studi psikologi pada tahun 2009, Kepemimpinan Program Studi Psikologi UNS dilanjutkan oleh kepengurusan yang baru periode 2009 – 2014, yaitu :

 

Ketua Program Studi                  : Drs. Hardjono, M.Si.

Sekretaris Program Studi            : Aditya Nanda Priyatama, S.Psi., M.Si

Ketua Laboratorium Psikologi    : Dra. Makmuroch, MS.

Ketua Unit Layanan Psikologi    : Dra. Salmah Lilik, M.Si